• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Category Entrepreneurship

    Turunkan ekspektasi, Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

    Di tahap akhir proses keputusan pembelian yaitu Perilaku Pasca Pembelian, pelanggan akan mengambil tindakan berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan yang mereka rasakan. Mengukur kepuasan adalah dengan cara membandingkan antara ekspektasi/harapan sebelum mengkonsumsi produk dengan kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi produk. Kepuasan pelanggan didapat jika kinerja produk lebih tinggi daripada ekspektasi. Untuk semakin meningkatkan kepuasan pelanggan, produsen hanya punya dua cara. Pertama adalah meningkatkan kinerja dan kedua yaitu menurunkan ekpektasi.

    https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/_Hj39LrX18w8/SX5u_uTdTPI/AAAAAAAAAAw/9QZiPIzvBKs/s400/Company%27s+Performance+vs.+Customer%27s+Expectation.jpg

    Banyak indikator yang bisa dipakai dalam membandingkan kinerja dengan ekspektasi. Yang pasti, indikator kinerja dan ekspektasi dalam pengukuran kepuasan satu produk haruslah indikator yang sama...

    Read More

    Cara Elegan “Membanting” Harga

    Di perjalanan menuju kampus kemarin pagi, saya ga sengaja mendengarkan radio yang menyiarkan program business coaching. Lumayan.. jadi ada pengalih kegiatan sing a long yang biasa dilakukan. Maklum suara lagi agak serak karena cuaca belakangan yang kurang mendukung. Topiknya adalah tentang cara melakukan rekrutmen pegawai dengan baik. Sang business coach yang ditemani oleh dua orang penyiar membahas topik mulai dari hal yang sifatnya basic. Ketika salah satu penyiar minta diterangkan lebih detail, business coach menjawab nanti akan diberikan pada event business gathering. Loh?? Ooh.. ternyata program ini adalah program promosi event tokh. Sang business coach berniat menawarkan kepada pendengar tentang event business gathering yang akan diselenggarakan perusahaan konsultannya. Hehehe..

    Saya...

    Read More

    Bisnis 5 minggu, penjualan 135 juta!! (Refleksi Kewirausahaan 2012 di Prodi MBTI IM Telkom)

    Terus terang, tulisan kali ini memang latah mengikuti tema banyak tulisan lain yang biasanya muncul di akhir tahun. Berhubung data yang dimiliki hanya seputar kewirausahaan di program studi MBTI dan IM Telkom (itupun seadanya), ijinkan kelatahan saya ini turut mewarnai tahun 2012 yang akan segera berakhir.

    Mata kuliah Kewirausahaan yang perkuliahannya baru saja berakhir di semester ini diikuti oleh 348 mahasiswa. Sejumlah mahasiswa tersebut terbagi dalam 10 kelas yang ada. Mata kuliah berbobot 4 SKS yang berlangsung setiap semester tujuh ini, sejak tahun akademik kali ini mulai mengadakan proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa secara berkelompok...

    Read More

    Produk harus kreatif & bernilai jual juga… (catatan dari Creative Thinking in Business Exhibition 2012)

    profile CTiB 2012Mudah-mudahan belum terlambat untuk menulis sedikit pengalaman berkunjung ke Creative Thinking in Business (CTiB) Exhibition 2012 yang baru berlangsung 3 minggu lalu. Sebagai salah seorang yang kembali dipercaya mengampu mata kuliah CTiB pada semester ini, bersama dengan ibu Rah Utami Nugrahani, ibu Khairani Siregar, dan bapak Fajar Prabowo kami menetapkan pertemuan minggu ke-12 sebagai waktu pelaksanaannya seperti biasa. Mata kuliah yang diberikan pada semester tiga ini secara reguler mengadakan pameran produk kreatif di akhir semesternya. Kali ini pameran diikuti oleh 68 kelompok dari 9 kelas CTiB yang ada. Pameran dilaksanakan dua hari, pada 6 -7 Desember 2012 dan merupakan pameran pertama di Aula IMT Kampus Selatan sejak kepindahan Prodi MBTI dari Kampus Utara.

    IMAG0403

    Dengan persiapan yang d...

    Read More

    Dibalik Workshop Wirausaha Muda Mandiri 2012

    Beberapa waktu lalu (11 Oktober 2012), saya mengikuti workshop Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2012 yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Sebagai kegiatan dari sebuah program CSR yang sudah berlangsung sejak 2007, workshop kali ini (dan baru pertama kali saya ikuti) sangat meninggalkan kesan yang mendalam. Beberapa pembicara yang masih saya ingat dan presentasinya menarik bagi saya pada saat itu adalah Budi G. Sadikin (Direktur Mikro & Retail Banking Bank Mandiri), Perry Tristianto (CEO The Big Price Cut Group), dan Rene Suhardono (career coach). Dalam kesempatan ini saya tidak akan membahas materi presentasi pembicara, namun penyelenggaraan dari workshopnya sendiri yang menurut saya juga menarik untuk dibahas.

    Sebagai sebuah lembaga berorientasi profit, Bank Mandiri tidaklah mungkin bernia...

    Read More

    Kompetisi Technopreneurship Pemuda

    Salah satu strategi dalam rangka meningkatkan inovasi dan kreativitas pemuda adalah melalui pertumbuhan usaha baru berbasis teknologi (Technopreneurship). Untuk itu Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia menyelenggarakan:

    Kompetisi Technopreneurship Pemuda
    Seleksi Kompetisi Technopreneurship Pemuda 2012 akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap.  Kelompok peserta yang lulus seleksi tahap I wajib mengikuti Technopreneurship Boot Camp (Pelatihan) selama 10 hari di Puspiptek Serpong.

    Tujuan

    • Memanfaatan iptek yang bernilai ekonomis untuk dapat dikembangkan oleh pemuda sehingga dapat berperan dalam perekonomian di suatu daerah.
    • Menumbuhkan minat pemuda menjadi technopreneur.

    Sasaran

    • Terciptanya industri baru berbasis teknologi dalam penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekonomi ...
    Read More

    Digitalpreneur as Indonesia’s New Economic Pillar

    (This paper had been presented at The 36th Federation of ASEAN Economic Associations (FAEA) Conference, Kuala Lumpur – Malaysia, 24 – 25 November 2011)

    ABSTRACT :

    One of impact of the global financial crisis in Indonesia is the high number of unemployment. There is no other way to make unemployment to get a job, unless they become entrepreneur. Refer to the availability of unlimited real-time access to information as one of the characteristics of globalization and huge potential of human resource, open opportunities for Indonesia to become a producer of professional manpower in the field of Information and Communications Technology, especially the content business. Therefore it can also emerge new entrepreneurs in the content business, which known as digitalpreneur.

    This paper provides a ...

    Read More

    Pelatihan Solusi Gratis Menjual di Internet untuk Pebisnis Pemula

    Sebagai implementasi salah satu misi IM Telkom “Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup” dan bentuk tri dharma perguruan tinggi, Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Solusi Gratis Menjual di Internet untuk Pebisnis Pemula” pada hari Jumat, 23 September 2011 di Laboratorium Komputer MBTI.

    Program pelatihan disesuaikan dengan kompetensi Prodi MBTI IMTelkom yaitu bidang Manajemen IT. Pelatihan yang dilakukan bekerja sama dengan LP2ES (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ekonomi Syariah) Koperasi Pondok Pesantren Daarut Tauhiid ini dihadiri 20 orang pebisnis pemula dan bersifat gratis. Bagi pebisnis pemula, e-commerce membuka peluang untuk mengembangkan usaha mereka dengan biaya y...

    Read More