• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Hidden Viewers, another perspective of outdoor advertising

    5762432_20130822033126

    Siapa yang belum pernah melihat media iklan luar ruang yang bertuliskan “space available”. Tulisan yang menunjukkan bahwa media tersebut ditawarkan kepada pemasang iklan seringkali kita jumpai di berbagai tempat. Media tersebut dikenal juga dengan istilah billboard jika berada di pinggir jalan dan bando jika posisinya melintang jalan.

    Lalu apakah yang ditawarkan oleh perusahaan media kepada pemasang iklan? Beberapa hal yang biasanya ditawarkan kepada pemasang iklan adalah sebagai berikut:

    • Lokasi strategis. Keberadaaan media di tempat ramai biasanya menjadi selling point utama. Meskipun umumnya akan terdapat beberapa titik media jika sebuah tempat tergolong lokasi ramai. Penumpukan iklan luar ruang di lokasi ramai seperti ini sebenarnya cenderung membuyarkan fokus pandangan terhadap iklan yang terpasang.

    FS-Site-Image

    • Kejelasan media berdasarkan jarak pandang. Semakin jelas media terlihat dari jarak yang cukup jauh, semakin baik nilai sebuah media. Contoh yang paling jelas adalah giant letter sign Djarum Super di jalan tol Purbaleunyi yang sekarang sudah dibongkar.

    KM 89 2

    • Jumlah orang yang dapat melihat (viewer). Sebuah lokasi mungkin tidak tergolong tempat ramai, namun jumlah orang yang dapat melihat iklan tersebut bisa saja sangat banyak. Contohnya adalah letter sign Djarum tersebut.

    Apakah hanya itu yang bisa dijual? Setelah melihat liputan kondisi lalu lintas yang menayangkan rekaman CCTV di berbagai lokasi, sepertinya selling point media iklan luar ruang dapat ditambah. Mereka bisa menambahkan bahwa iklan akan dilihat oleh jutaan orang lain yang menyaksikan program liputan lalu lintas tersebut. Syaratnya, perusahaan harus memasang titik media yang terpantau CCTV NTMC Polri. Lumayan kan, daripada bayar slot iklan TV yang mahal.

    fatmawati 2

    Photo credit:

    1. http://designingforfreespeech.org/wp-content/uploads/2014/05/FS-Site-Image.jpg
    2. http://giant-letter-sign-djarum-super.blogspot.com/2012/01/bandung-di-waktu-malam-berselubung.html
    3. http://ntmc-korlantaspolri.blogspot.com/2012/02/cctv-ntmc-fatmawati-terpantau-padat.html

    Leave a Reply