• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • 10 Barang Wajib Bawa dari Indonesia Ke Inggris

    Melanjutkan studi di Inggris bukan hanya menuntut kesiapan di sisi akademis, tapi yang paling utama adalah kemampuan menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari agar suasana belajar jadi menyenangkan. Demi kelancaran hidup sehari-hari, ada beberapa barang yang menurut saya wajib hukumnya untuk dibawa dari Indonesia. Setelah melalui penyortiran yang cukup ketat, terdapat 10 barang yang saya kategorikan wajib untuk dibawa dari Indonesia. Kriteria utama penyortiran adalah berdasarkan harga di Indonesia yang sangat terjangkau namun di Inggris mahal atau bahkan tidak tersedia. Berikut 10 barang tersebut berdasarkan urutan dari yang paling wajib:

    1. Sapu lidi

    img_8022

    Sapu ini fix tidak akan mudah ditemui di Inggris, kalau tidak bisa dibilang tidak tersedia. Dengan harga di Indonesia sekitar 20 ribuan dan bisa dengan mudah dibeli di mana saja, sapu ini sangat bermanfaat terutama untuk membersihkan dan merapikan tempat tidur apalagi jika tempat tidurnya berukuran besar. Selain itu kita bisa memakainya untuk membersihkan sofa, karpet dan lain-lain yang sifatnya bersih. Membersihkan perlengkapan rumah seperti itu kita tentu tidak akan menggunakan sapu biasa karena malah akan membuat kotor dan jorok atau menggunakan vacuum cleaner karena tidak praktis. Jika berniat membawanya, pastikan panjang sapu lidi tidak melebihi diagonal koper yang dipakai berangkat ke Inggris.

     

    1. Sapu

    img_8027

    Sapu plastik memang bisa kita temukan di Inggris, tapi jarak antar bulu plastiknya terlalu renggang sehingga sangat sulit untuk menyapu debu dengan baik. Di Inggris, umumnya orang membersihkan debu dan kotoran kecil dengan menggunakan vacuum cleaner. Tapi bagi saya, penggunaan vacuum cleaner tidak begitu praktis dan menghasilkan tagihan listrik yang besar mengingat vacuum cleaner yang bagus rata-rata berdaya listrik besar dan biaya listrik di Inggris yang mahal. Pilihlah sapu yang gagang dan bagian bawahnya bisa dilepas. Untuk menghemat tempat ketika membawa ke Inggris, bawa bagian bawahnya saja dan tinggalkan gagangnya. Sapu bagian bawah ini bisa disambungkan dengan gagang pel yang banyak tersedia di Inggris karena dratnya berukuran universal. Dengan harga sekitar 20 ribuan rupiah, kegiatan membersihkan rumah menjadi mudah dan murah.

     

    1. Adaptor colokan listrik

    img_8026

    Bagi pelajar dari Indonesia, perangkat elektronik yang dibawa pastilah bercolokan listrik tipe dua kaki. Di sisi lain, standar Inggris adalah colokan listrik bertipe 3 kaki. Hal ini tentu menyulitkan pelajar Indonesia untuk menggunakan perangkat elektroniknya setiba di Inggris. Meskipun adaptor colokan listrik bisa saja kita beli di Inggris dengan istilah “EU to UK plug adaptor” karena bentuk colokan listrik Indonesia menganut sistem EU, tentu akan lebih memudahkan jika kita sudah membawanya dari Indonesia. Tempo hari saya membelinya di ACE hardware dengan harga sekitar 25 ribu rupiah dan fiturnya malah universal karena bisa juga dipakai di beberapa sistem listrik negara lain. Oh ya, jika perangkat elektronik kita ternyata sudah dilengkapi dengan colokan tipe UK, langsung saja pasang perangkat tersebut dengan colokan tipe UK. Beberapa rekan malah diuntungkan karena perangkat elektronik yang mereka beli di Indonesia berkategori BM (Black Market) dan sudah default-nya bercolokan tipe UK. Hehehe…

     

    1. Minuman penghangat tubuh

    img_8034

    Bagi saya yang berasal dari Bandung yang bercuaca sejuk, saya merasa mudah dan terbiasa untuk meminum berbagai jenis minuman penghangat tubuh yang berbahan baku jahe seperti bandrek dan bajigur. Nah, minuman jenis ini juga sangat cocok untuk dibawa ke Inggris. Namun perlu diingat, karena cuaca di Inggris yang suhu terendahnya bisa sampai di bawah nol derajat celcius, peminum Bandrek tipe biasa di Indonesia harus menaikkan level bandreknya menjadi misalnya tipe extra hot. Di pasaran Indonesia, tersedia juga minuman berbahan baku jahe yang dijual dalam bentuk cairan. Jenis ini tidak direkomendasikan untuk dibawa, karena selain lebih berat dan memakan tempat juga rawan pecah dan tumpah. Sebaiknya bawa saja yang bentuknya serbuk.

     

    1. Sambel terasi

    img_8030

    Benda yang satu ini juga sangat krusial bagi saya. Mencari sambel di Inggris tidak begitu sulit. Bagi lidah Asia, tersedia berbagai merek sambel buatan Malaysia, Thailand dan juga tentunya Indonesia. Tapi sambel terasi, hmmm…. belum pernah saya temukan di Inggris. Daripada pusing browsing mencari di Inggris, saya putuskan untuk membawa sambel terasi dari Indonesia. Belilah sambel terasi yang dikemas dalam bentuk sachet dan jangan yang dikemas di botol kaca. Selain mudah dibawa, tipe sachet juga membantu kita mengatur tingkat kekalapan penggunaan sambel terasi. Hehehe… Harga sambel terasi sachetan dan upaya membawanya ke Inggris yang tidak seberapa, memberikan ganjaran kenikmatan yang luar biasa ketika menyantapnya bersama nasi hangat, ayam goreng dan beberapa potongan ketimun.

     

    1. Jamu anti masuk angin

    img_8035

    Produk jamu ini juga layak untuk dibawa ke Inggris. Kegunaannya malah sudah bisa dinikmati di perjalanan yang berdurasi minimal 17 jam penerbangan. Kebiasaan terburu-buru berangkat ke kampus dalam kondisi belum sarapan namun harus berhadapan dengan cuaca dingin dan angin yang cukup kencang, dapat dengan mudah ditangkal dengan produk jamu seperti ini. Saya sudah cek di Inggris memang ada produk obat yang tertulis kegunaannya untuk “wind trap”, tapi sampai saat ini saya belum coba karena stok jamu yang masih belum habis.

     

    1. Inhaler

    img_8037

    Untuk yang memiliki penyakit asma, jangan lupa untuk membawa inhaler. Bukannya karena di Inggris tidak tersedia inhaler, tapi karena pembeliannya harus menggunakan resep dokter. Sedangkan untuk mendapatkan resep dokter, kita harus membuat janji terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Saya sempat merasa kesulitan sekali pada saat asma anak saya kambuh meski tidak parah namun inhaler sudah habis. Bukannya tinggal datang ke dokter? Ya, tapi baru bisa dapat resepnya beberapa hari kemudian. Pasien yang datang dengan kondisi yang tidak terlalu parah, dia hanya akan dibuatkan janji bertemu dokter beberapa hari setelahnya. Jadi sebaiknya bawa saja beberapa inhaler sebagai persedian mengingat di Indonesia barang ini dapat dibeli secara bebas.

     

    1. Coklat meses

    img_8028

    Bagi yang membawa anak-anak ke Inggris dan anak-anaknya terbiasa sarapan roti ditaburi coklat meses, bawalah coklat meses dari Indonesia. Saya tidak pernah menemukan toko yang menjual coklat meses di Inggris. Yang banyak tersedia untuk dimakan bersama roti adalah coklat dalam bentuk selai. Jika pemakaian coklat mesesnya lumayan intensif, sebaiknya sejak awal kedatangan anak-anak mulai dibiasakan bergantian penggunaannya dengan selai coklat. Selain meses bisa digunakan lebih lama, anak-anak pun akan mulai terbiasa dengan selai coklat.

     

    1. Parfum anak-anak

    img_8031

    Barang ini juga menjadi penting khusus bagi yang datang ke Inggris bersama anak-anak. Kebiasaan saya untuk menyemprotkan parfum anak-anak setelah mereka mandi harus betul-betul dipertimbangkan mengingat selama ini belum menemukan toko yang menjual parfum untuk anak-anak. Meskipun demikian, barang ini dapat digantikan menggunakan parfum dewasa yang wanginya cocok untuk dipakai oleh anak-anak.

     

    1. Kopi

    img_8029

    Nah kalau yang satu ini adalah masalah selera, oleh karenanya disimpan di nomor 10. Kopi banyak sekali tersedia di Inggris bahkan dengan berbagai tingkat kekentalan. Namun setelah hampir setahun di Inggris, saya belum pernah menemukan rasa dan kekentalan kopi yang pas. Oleh karenanya penting bagi penikmat kopi untuk membawa kopi merek favorit masing-masing. Bagi saya yang bukan peminum kopi aktif, kopi bawaan dari Indonesia dapat bertahan cukup lama di lemari dapur dan bisa dijadikan salah satu cara mempromosikan Indonesia kepada rekan-rekan dari negara lain yang bertamu.

     

     

    Demikianlah 10 barang wajib untuk dibawa dari Indonesia ke Inggris. Untuk barang yang berbentuk makanan atau minuman agar diperhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tercantum di kemasan. Usahakan pilih produk yang waktu kadaluarsanya masih sangat lama. 10 barang yang saya cantumkan di artikel ini adalah barang yang tidak saya temukan di Hull, Inggris dan berdasarkan pengamatan pribadi. Apabila ada yang berhasil menemukan 10 barang tersebut di Inggris, pencantuman barang tersebut di artikel ini menjadi batal adanya dan mohon dengan sangat untuk dapat memberitahu saya. Semoga bermanfaat..

    Leave a Reply