• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Category marketing

    Mudik dan Aktivitas Komunikasi Pemasaran

    Mudik menurut wikipedia adalah sebuah tradisi yang hanya ada di Indonesia, merupakan kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Idul Fitri. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

    Karena sudah sedemikian ‘mendarah daging’nya kegiatan mudik bagi masyarakat Indonesia, banyak entitas yang merasa wajib ikut serta menyemarakkan dan menganggap mudik sebagai sarana efektif untuk mengomunikasikan produknya. Baik produk yang bersifat komersial, sosial, atau bahkan politik sekalipun...

    Read More

    Dampak Program “Cerita Indomiemu”, dan Indofood (Pasti) Menyukainya…

    Di dunia maya dan di beberapa messenger, banyak beredar cerita tentang Indomie. Ada yang jorok, lucu, kasar, fantasi, atau bahkan beraroma persaingan antar produk mi instan. Konteksnya tentu karena pada saat yang bersamaan sedang berlangsung program promosi Indomie dengan nama “Cerita Indomiemu”. Lewat program ini, konsumen diajak untuk mengirimkan pengalaman mereka yang ada hubungannya dengan Indomie.

    Beberapa cerita jalur “indie” yang sempat saya baca antara lain :

    • “Aku beli indomie karena di bungkusnya ada gambar telur, paha ayam, dan sayuran. Tapi saat aku buka cuma ada mie sama bumbunya doang. Sejak itu, aku gak mau lagi beli indomie. Ini ceritaku dan aku gak mau dengar ceritamu….!!!”
    • “Heran gue sampe sekarang...
    Read More

    Marketing 3.0 dan dokter anak

    Beberapa hari lalu kami (saya & istri) mengantarkan anak ke dokter untuk vaksinasi. Tepat 5 bulan usianya saat itu, ketika jadwal vaksinasi DPT 3 + Hepatitis B + HIB tiba. Dokter anak yang kami kunjungi adalah referensi dari sepupu. Saat itu sepupu kami hanya berkata, “Udah ke dokter S* aja, baik ko”. Agak heran sebetulnya mendengar saran ini, sambil berpikir, “Memangnya ada ya dokter yang jahat? Kalau baik, apa berpengaruh terhadap kesembuhan pasien?”.

    Singkatnya, pertemuan pertama dengan dokter S sudah dapat menjawab rasa penasaran kami. Ketika masuk ke ruangannya, Dokter S langsung menyapa dengan ramah dan menanyakan kabar kami (ini levelnya masih biasa menurut kami)...

    Read More

    Private Label, contoh lain dari the power of packaging

    Saat ini di setiap peritel modern semakin mudah kita jumpai produk private label. Perkembangan private label yang sangat pesat dapat terlihat dari semakin banyaknya jenis produk private label yang dipasarkan. Jika dulu private label masih sebatas pada produk seperti gula dan tissue, saat ini sudah ada private label untuk shuttle cock, tshirt, dan minuman berkarbonasi. Beberapa produk private label yang mudah dijumpai saat ini antara lain adalah beras, snack, krimer, kecap, sayuran beku, diapers (baby & adult), kapas, sabun, pembersih rumah, obat nyamuk, kotak sampah, roti & kue, mie instan, keset, kaos singlet, panci, toples, electric kettle, selai, air minum, dan masih banyak lagi.

    Private label diperkenalkan di Indonesia pertama kali (CMIIW) oleh jaringan peritel Hero dengan merek Hero ...

    Read More

    Floor ads (saatnya beriklan di lantai)..

    Semenjak berkeluarga, berbelanja kebutuhan sehari-hari adalah satu kegiatan rutin setiap bulannya. Niatnya sih hanya sekedar menjadi “sopir merangkap kuli angkut”bagi istri. hehe.. Tapi kadang-kadang bisa juga jadi sumber inspirasi. Misalnya kegiatan berbelanja bulan lalu. Di lantai supermarket tersebut baru saya sadari terdapat iklan sebuah produk makanan ringan (Sebelumnya saya jarang memperhatikan karena lebih sibuk menghitung perbandingan harga produk yang paling ekonomis, disertai perdebatan kecil dengan istri demi penghematan).

    Iklan tersebut terbuat dari bahan sejenis vynil anti gores yang ditempelkan ke lantai, atau lebih tepatnya stiker anti gores. Seiring perkembangan teknologi digital printing saat ini, memang memungkinkan untuk membuat iklan seperti itu...

    Read More