• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Category marketing

    Hidden Viewers, another perspective of outdoor advertising

    5762432_20130822033126

    Siapa yang belum pernah melihat media iklan luar ruang yang bertuliskan “space available”. Tulisan yang menunjukkan bahwa media tersebut ditawarkan kepada pemasang iklan seringkali kita jumpai di berbagai tempat. Media tersebut dikenal juga dengan istilah billboard jika berada di pinggir jalan dan bando jika posisinya melintang jalan.

    Lalu apakah yang ditawarkan oleh perusahaan media kepada pemasang iklan? Beberapa hal yang biasanya ditawarkan kepada pemasang iklan adalah sebagai berikut:

    • Lokasi strategis. Keberadaaan media di tempat ramai biasanya menjadi selling point utama. Meskipun umumnya akan terdapat beberapa titik media jika sebuah tempat tergolong lokasi ramai...
    Read More

    Creative (Marketing) Broker 

    Yang pernah naik bis antar kota di terminal pasti tahu atau bahkan pernah merasakan dampak keberadaan calo. Mereka dengan sigap menyambut siapapun yang datang sejak dari pagar terminal. Mereka tidak peduli yang ditawari itu calon penumpang atau bukan. Hitung-hitungan mereka, dari sekian banyak yang ditawari pasti ada yang akhirnya tertarik. Cara klasik ala calo ini diikuti pula oleh bisnis lain seperti sektor pariwisata dan telekomunikasi dengan cara yang lebih canggih.

    Di sektor pariwisata, Online Travel Agency (OTA) seperti Agoda, Booking.com, dan sejenisnya seringkali mengirimkan email penawaran kepada kita...

    Read More

    Key Success Factor Industri Pariwisata Bali

    30c0f028f36b8b17be4dd5e120b66116

    Jika kita berpikir bahwa faktor penentu keberhasilan industri pariwisata adalah sebatas sarana wisata fisik, hal ini adalah keliru. Keberadaan hotel, bandara, terminal, restoran, penerbangan, bis, taksi, pemandu wisata, obyek wisata, dan sarana-sarana fisik lainnya memang betul dibutuhkan oleh wisatawan, namun demikian ada hal lain yang sebenarnya lebih esensial.

    Saat ke Bali untuk mengikuti sebuah konferensi pada November 2014 kemarin, saya baru memahami key success factor majunya industri pariwisata di sana. Hal tersebut tercermin setidaknya ketika saya menyewa sepeda motor sebagai sarana transportasi selama di Bali. Saya memilih sepeda motor karena hanya bepergian sendiri dan mengingat lalu lintas di Bali yang sudah sering macet di berbagai tempat.

    Beberapa hal menarik yang ditemui da...

    Read More

    Value Added Services = Profit Added Opportunity

    IMAG2146

    Setelah beres konferensi ETAR 2014, akhirnya atmosfer liburan di Bali baru terasa. Tempat pertama yang dituju adalah pantai, tempat yang paling jauh jika sedang berada di Bandung :p

    Setelah diingat-ingat, terakhir saya menikmati pantai adalah 9 bulan yang lalu. Ooohh… what a day. Alhamdulillah… Saat itu saya cuma ingin sekedar duduk-duduk di pasir pantai sambil menikmati laut, ombak, dan atmosfernya. Sore itu cuacanya pas banget, karena sore dua hari sebelumnya cuaca mendung bahkan sempat turun hujan. Meskipun misalnya sore dua hari yang lalu cerah, tetap saja saya belum bisa kemana-mana karena masih ada acara. Hehehe..

    Belum begitu lama acara duduk-duduk berlangsung, tiba-tiba ada 2 pasangan turis asing yang datang bersama dua orang lokal berkostum khusus surfing (wetsuit) di depa...

    Read More

    Beriklan Satu Hari, Diingat Sepanjang Minggu

    Di perjalanan pagi tadi saya mendengar iklan radio sebuah brand pizza (sebut saja namanya Domino) ;). Pada iklan tersebut terdengar Domino sedang mempromosikan salah satu programnya yang bernama Two for Tuesday. Two for Tuesday adalah program yang menawarkan dua buah pizza seharga satu pizza khusus di hari Selasa. Tiga menit setelah iklan selesai, saya kok jadi kepikiran sesuatu. Saya ingat hari ini adalah hari Rabu, sementara program promosi Domino yang baru saja diiklankan tersebut berlangsung hanya pada hari Selasa setiap minggunya. Saya pikir ini iklan pintar.

    Kenapa pintar?? Calon konsumen yang tertarik dan mendengar iklan program Two for Tuesday pada hari Rabu tentu akan merasa menyesal karena program ini baru saja berlangsung kemarin...

    Read More

    Penutupan Pabrik, Peluang besar Dji Sam Soe

    buruh-karyawam-pekerja-PT-HM-Sampoerna-rokok-dji-samsoe

    Baru saja kita mendengar kabar tentang ditutupnya dua pabrik rokok PT. HM Sampoerna. HM Sampoerna yang saat ini 98% sahamnya dimiliki oleh perusahaan rokok terbesar dunia Philip Morris mengeluarkan kebijakan yang mengagetkan publik. Kedua pabrik yang memproduksi rokok jenis SKT (Sigaret Kretek Tangan) dan berlokasi di Lumajang dan Jember ini mengharuskan sekitar 4900 tenaga kerjanya untuk rela di-PHK.

    Penyebab penutupan pabrik seperti disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan adalah karena penurunan market share SKT yang menurun hingga 23,1 % pada 2013, padahal market share SKT masih mencapai 30,4 % pada 2009. Volume penjualan SKT Sampoerna pun turun 13 % pada 2013. Selain itu total volume industri SKT sendiri turun 16,1 % hingga kuartal pertama 2014...

    Read More

    Konsep AIDA untuk Mempromosikan Calon Kepala Daerah

    Tahapan pemilihan kepala daerah seperti pemilihan walikota Bandung yang sedang berlangsung kali ini bagaimanapun adalah sebuah aktivitas pemasaran. Produk yang dipasarkan adalah pasangan calon beserta semua fitur-fiturnya antara lain visi, misi, dan program kerja. Sebagai sebuah aktivitas pemasaran, penting bagi masing-masing tim sukses untuk melakukan penetapan strategi pemenangan menggunakan pendekatan pemasaran apalagi pasangan calon walikota-wakil walikota Bandung pada pemilihan tahun ini yang sampai berjumlah 8 (delapan) pasang.


     

    Setelah menentukan bahwa target pasar atau konsumen dari ‘produk’ calon kepala daerah adalah warga di daerah tersebut, tim sukses sebagai pemasar harus memutuskan respon konsumen yang diharapkan akan terjadi...

    Read More

    Turunkan ekspektasi, Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

    Di tahap akhir proses keputusan pembelian yaitu Perilaku Pasca Pembelian, pelanggan akan mengambil tindakan berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan yang mereka rasakan. Mengukur kepuasan adalah dengan cara membandingkan antara ekspektasi/harapan sebelum mengkonsumsi produk dengan kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi produk. Kepuasan pelanggan didapat jika kinerja produk lebih tinggi daripada ekspektasi. Untuk semakin meningkatkan kepuasan pelanggan, produsen hanya punya dua cara. Pertama adalah meningkatkan kinerja dan kedua yaitu menurunkan ekpektasi.

    https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/_Hj39LrX18w8/SX5u_uTdTPI/AAAAAAAAAAw/9QZiPIzvBKs/s400/Company%27s+Performance+vs.+Customer%27s+Expectation.jpg

    Banyak indikator yang bisa dipakai dalam membandingkan kinerja dengan ekspektasi. Yang pasti, indikator kinerja dan ekspektasi dalam pengukuran kepuasan satu produk haruslah indikator yang sama...

    Read More

    Cara Elegan “Membanting” Harga

    Di perjalanan menuju kampus kemarin pagi, saya ga sengaja mendengarkan radio yang menyiarkan program business coaching. Lumayan.. jadi ada pengalih kegiatan sing a long yang biasa dilakukan. Maklum suara lagi agak serak karena cuaca belakangan yang kurang mendukung. Topiknya adalah tentang cara melakukan rekrutmen pegawai dengan baik. Sang business coach yang ditemani oleh dua orang penyiar membahas topik mulai dari hal yang sifatnya basic. Ketika salah satu penyiar minta diterangkan lebih detail, business coach menjawab nanti akan diberikan pada event business gathering. Loh?? Ooh.. ternyata program ini adalah program promosi event tokh. Sang business coach berniat menawarkan kepada pendengar tentang event business gathering yang akan diselenggarakan perusahaan konsultannya. Hehehe..

    Saya...

    Read More

    Fenomena Aksesoris Ponsel : tambahan yang malah jadi kewajiban

    Pemakaian ponsel semakin hari semakin memasyarakat, tidak lagi memandang tingkat ekonomi. Hal ini diperkuat dengan data Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI) yang mencatat lebih dari 240 juta pelanggan seluler pada akhir tahun 2011. Angka ponsel yang beredar saja sudah hampir mencapai jumlah total penduduk Indonesia, apalagi aksesoris ponsel yang biasanya dimiliki lebih dari satu jenis. Aksesoris ponsel adalah produk yang mudah diidentifikasi pada saat ini, namun pada awal 90-an ketika ponsel baru marak di Indonesia, produk aksesoris sama sekali tidak dikenali. Pemakai ponsel hanya memiliki ponsel dan chargernya, atau jika ada tambahan pun sebatas handsfree yang sepaket dalam kotak ponsel. Jadi kemana-mana, pemakai ponsel hanya membawa ponselnya semata, tidak lebih.

    Seiring perkembanga...

    Read More