Category: marketing

  • Hidden Viewers, another perspective of outdoor advertising

    Hidden Viewers, another perspective of outdoor advertising

    Siapa yang belum pernah melihat media iklan luar ruang yang bertuliskan “space available”. Tulisan yang menunjukkan bahwa media tersebut ditawarkan kepada pemasang iklan seringkali kita jumpai di berbagai tempat. Media tersebut dikenal juga dengan istilah billboard jika berada di pinggir jalan dan bando jika posisinya melintang jalan. Lalu apakah yang ditawarkan oleh perusahaan media kepada…

  • Creative (Marketing) Broker 

    Creative (Marketing) Broker 

    Yang pernah naik bis antar kota di terminal pasti tahu atau bahkan pernah merasakan dampak keberadaan calo. Mereka dengan sigap menyambut siapapun yang datang sejak dari pagar terminal. Mereka tidak peduli yang ditawari itu calon penumpang atau bukan. Hitung-hitungan mereka, dari sekian banyak yang ditawari pasti ada yang akhirnya tertarik. Cara klasik ala calo ini…

  • Key Success Factor Industri Pariwisata Bali

    Jika kita berpikir bahwa faktor penentu keberhasilan industri pariwisata adalah sebatas sarana wisata fisik, hal ini adalah keliru. Keberadaan hotel, bandara, terminal, restoran, penerbangan, bis, taksi, pemandu wisata, obyek wisata, dan sarana-sarana fisik lainnya memang betul dibutuhkan oleh wisatawan, namun demikian ada hal lain yang sebenarnya lebih esensial. Saat ke Bali untuk mengikuti sebuah konferensi…

  • Value Added Services = Profit Added Opportunity

          Setelah beres konferensi ETAR 2014, akhirnya atmosfer liburan di Bali baru terasa. Tempat pertama yang dituju adalah pantai, tempat yang paling jauh jika sedang berada di Bandung :p Setelah diingat-ingat, terakhir saya menikmati pantai adalah 9 bulan yang lalu. Ooohh… what a day. Alhamdulillah… Saat itu saya cuma ingin sekedar duduk-duduk di pasir…

  • Beriklan Satu Hari, Diingat Sepanjang Minggu

    Di perjalanan pagi tadi saya mendengar iklan radio sebuah brand pizza (sebut saja namanya Domino) ;). Pada iklan tersebut terdengar Domino sedang mempromosikan salah satu programnya yang bernama Two for Tuesday. Two for Tuesday adalah program yang menawarkan dua buah pizza seharga satu pizza khusus di hari Selasa. Tiga menit setelah iklan selesai, saya kok…

  • Penutupan Pabrik, Peluang besar Dji Sam Soe

    Baru saja kita mendengar kabar tentang ditutupnya dua pabrik rokok PT. HM Sampoerna. HM Sampoerna yang saat ini 98% sahamnya dimiliki oleh perusahaan rokok terbesar dunia Philip Morris mengeluarkan kebijakan yang mengagetkan publik. Kedua pabrik yang memproduksi rokok jenis SKT (Sigaret Kretek Tangan) dan berlokasi di Lumajang dan Jember ini mengharuskan sekitar 4900 tenaga kerjanya…

  • Konsep AIDA untuk Mempromosikan Calon Kepala Daerah

    Tahapan pemilihan kepala daerah seperti pemilihan walikota Bandung yang sedang berlangsung kali ini bagaimanapun adalah sebuah aktivitas pemasaran. Produk yang dipasarkan adalah pasangan calon beserta semua fitur-fiturnya antara lain visi, misi, dan program kerja. Sebagai sebuah aktivitas pemasaran, penting bagi masing-masing tim sukses untuk melakukan penetapan strategi pemenangan menggunakan pendekatan pemasaran apalagi pasangan calon walikota-wakil…

  • Turunkan ekspektasi, Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

    Di tahap akhir proses keputusan pembelian yaitu Perilaku Pasca Pembelian, pelanggan akan mengambil tindakan berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan yang mereka rasakan. Mengukur kepuasan adalah dengan cara membandingkan antara ekspektasi/harapan sebelum mengkonsumsi produk dengan kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi produk. Kepuasan pelanggan didapat jika kinerja produk lebih tinggi daripada ekspektasi. Untuk semakin meningkatkan kepuasan pelanggan, produsen…

  • Cara Elegan “Membanting” Harga

    Di perjalanan menuju kampus kemarin pagi, saya ga sengaja mendengarkan radio yang menyiarkan program business coaching. Lumayan.. jadi ada pengalih kegiatan sing a long yang biasa dilakukan. Maklum suara lagi agak serak karena cuaca belakangan yang kurang mendukung. Topiknya adalah tentang cara melakukan rekrutmen pegawai dengan baik. Sang business coach yang ditemani oleh dua orang…

  • Fenomena Aksesoris Ponsel : tambahan yang malah jadi kewajiban

    Pemakaian ponsel semakin hari semakin memasyarakat, tidak lagi memandang tingkat ekonomi. Hal ini diperkuat dengan data Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI) yang mencatat lebih dari 240 juta pelanggan seluler pada akhir tahun 2011. Angka ponsel yang beredar saja sudah hampir mencapai jumlah total penduduk Indonesia, apalagi aksesoris ponsel yang biasanya dimiliki lebih dari satu jenis.…