Category: Entrepreneurship

  • Bike Sharing..

    Keluar dari Berlin Hauptbahnhof waktu itu, saya langsung disuguhi pemandangan yang sebenarnya pabalatak (berantakan dalam Bahasa Sunda) namun menarik. Plaza pintu belakang stasiun utama Berlin itu dipenuhi dengan sepeda yang parkir sembarangan. Tapi setelah diamati, ternyata itu bukan sepeda perorangan atau milik pribadi. Dari sekitar 40-an sepeda saat itu, paling sedikit didominasi 3 bentuk sepeda…

  • Kewirausahaan untuk SMA

    Kewirausahaan untuk SMA

    Sabtu, 5 September 2015 lalu saya diminta BEM Fakultas Ekonomi & Bisnis, Telkom University untuk ikut terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 1 Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung. Karena sudah sejak 5 bulan sebelumnya dikonfirmasi (keep up the good work Dita & Team!) dan tidak adanya penugasan atau hal-hal penting yang mendadak, Alhamdulillah saya bisa…

  • 3 Langkah Atasi Lemahnya Rupiah

    3 Langkah Atasi Lemahnya Rupiah

    Hari ini (Sabtu, 29 Agustus 2015) kurs 1 USD adalah IDR 14.110. Masih dalam tren melemah di beberapa bulan terakhir. Penyebab melemahnya Rupiah sudah banyak dikemukakan oleh beberapa pakar dan juga pemerintah. Kondisi sekarang bagaimanapun masih dianggap belum krisis, jika merujuk kepada pendapat Menteri Keuangan RI. Dari sekian banyak penyebab, yang paling saya pahami dan…

  • Key Success Factor Industri Pariwisata Bali

    Jika kita berpikir bahwa faktor penentu keberhasilan industri pariwisata adalah sebatas sarana wisata fisik, hal ini adalah keliru. Keberadaan hotel, bandara, terminal, restoran, penerbangan, bis, taksi, pemandu wisata, obyek wisata, dan sarana-sarana fisik lainnya memang betul dibutuhkan oleh wisatawan, namun demikian ada hal lain yang sebenarnya lebih esensial. Saat ke Bali untuk mengikuti sebuah konferensi…

  • Finally…1st CTiB Competition 2014

    Setelah beberapa tahun sebelumnya tugas akhir mata kuliah Creative Thinking in Business (CTiB) di Program Studi Manajemen Bisnis Telkomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi & Bisnis, Telkom University berujung dengan pameran, akhirnya pada penyelenggaraan semester ganjil tahun akademik 2014-2015 ini dapat berbentuk kompetisi. Setelah berpikir sepertinya akan menjadi lebih seru dan membiasakan iklim kompetisi bagi…

  • Value Added Services = Profit Added Opportunity

          Setelah beres konferensi ETAR 2014, akhirnya atmosfer liburan di Bali baru terasa. Tempat pertama yang dituju adalah pantai, tempat yang paling jauh jika sedang berada di Bandung :p Setelah diingat-ingat, terakhir saya menikmati pantai adalah 9 bulan yang lalu. Ooohh… what a day. Alhamdulillah… Saat itu saya cuma ingin sekedar duduk-duduk di pasir…

  • 1 ide multi profit industri kreatif

    Abad 21 disebut sebagai era konseptual, dimana pelaku industrinya berfokus pada ide kreatif dan inovatif. Pada era ini satu pelaku bisa berkreasi pada lebih dari satu sektor industri. Industri padat karya ditunjukkan dengan adanya 1 juta orang pekerja untuk 100 buah industri. Pekerja di industri ini contohnya adalah petani, peternak, dan pekerja pabrik. Industri pekerja…

  • Virtual Office, Peluang Bisnis Baru

    Jaman semakin modern, ide bisnis pun harus semakin kreatif. Belum lama ini saya mendapat info tentang sebuah bisnis baru yaitu virtual office dan tertarik untuk mengulasnya. Jika sebelumnya ada tren (dan masih berlangsung) yaitu bisnis co-working space, selanjutnya muncul juga virtual office. Sesuai dengan namanya, virtual office berarti sebuah kantor yang tidak nyata. Kenapa tidak nyata? Karena pebisnis tidak berada di…

  • 5 Keuntungan Mahasiswa Berwirausaha

    Meskipun pengangguran terbuka jumlahnya semakin menurun dari tahun ke tahun, namun angkanya masih tetap signifikan jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang ada. Data Badan Pusat Statistik pada Februari 2013 menunjukkan bahwa terdapat sekitar 7,1 juta orang yang bertatus pengangguran terbuka dari 121,2 juta angkatan kerja yang ada. Dari 7,1 juta orang tersebut, 422 ribu…

  • KENAPA INDUSTRI PONSEL LOKAL MACET??

    Membaca koran menjelang akhir tahun isinya ternyata cukup didominasi oleh iklan. Periode menjelang akhir tahun memang menjadi momentum bagi pebisnis untuk menghabiskan stok tahun berjalan yang ditunjang oleh tingkat konsumsi masyarakat yang biasanya meningkat. Dari sekian banyak produk, saya melihat produk seluler merupakan produk yang cukup rajin beriklan. Misalnya pada Kompas edisi Jumat 27 Desember…