• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Optimalkan Gadget di bulan Ramadhan

    Umat Islam di manapun berada saat ini sedang bersuka cita menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bulan ujian atas keimanannya kepada Allah SWT dan juga bulan dimana berbagai amalan diganjar dengan pahala berkali lipat. Sehingga tak heran jika kerinduan dan kesukacitaan yang begitu besar banyak tercurah kepada bulan ini. Salah satunya terungkap dalam syair yang dilantunkan Bimbo dengan judul “Setiap habis ramadhan”.

    Mengingat betapa pentingnya bulan Ramadhan dan juga keseharian kita saat ini yang tidak dapat lepas dari gadget seperti smartphone, baik kiranya jika gadget tersebut dapat kita gunakan untuk mengisi Ramadhan dengan amalan yang bernilai pahala. Bukan hanya sekedar untuk mengirim pesan SMS atau messenger memohon maaf menjelang dan akhir ramadhan dengan berbagai kata dan emoticon/gambar semata.

    Pemanfaatan gadget tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi mobile islami. Beberapa aplikasi mobile ciptaan developer asli Indonesia (yang sebetulnya sudah lama diluncurkan) dapat kita gunakan untuk mengisi Ramadhan kali ini. Diantaranya adalah :

    1. Quran

    Aplikasi gratis yang dapat diinstal ke perangkat Blackberry ini adalah buatan developer bernama 7 Langit, salah satu developer lokal yang telah menerima akreditasi Blackberry Alliance Elite Member. Hanya dengan menyediakan space 79kb kita sudah memiliki Al Quran lengkap dengan tulisan latin/transliterasi dan terjemahannya. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memilih langsung surat dan ayat yang ingin kita baca. Juga tersedia fitur untuk menyimpan (save) dan menandai (bookmark) surat dan ayat yang kita baca, sehingga di waktu selanjutnya kita dapat dengan mudah dan langsung membaca ayat berikutnya. Aplikasi Quran diklaim telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu pembaca di Indonesia.

    2. Islamic Pocket Guide

    Aplikasi buatan developer Veelabs Indonesia ini juga dapat diinstal ke Blackberry secara gratis. Aplikasi ini terilhami oleh Ramadhan Pocket Guide yang diklaim telah digunakan lebih dari 100 ribu pengguna yang juga dibuat oleh Veelabs. Aplikasi ini memiliki fitur pengingat (reminder), kumandang adzan, dan jadwal sholat 5 waktu untuk semua daerah di Indonesia, termasuk hitung mundur menuju waktu sholatnya. Dengan memanfaatkan GPS, aplikasi ini dapat mendeteksi lokasi kota yang paling dekat dengan keberadaan kita, sehingga secara otomatis akan menyesuaikan dengan jadwal sholat di kota/daerah tersebut. Fitur lainnya adalah penunjuk arah kiblat yang juga memanfaatkan fasilitas GPS yang tersedia pada Blackberry. Selain itu tersedia juga forum komunitas serta kumpulan info dan hadist yang dikirim secara berkala kepada penggunanya. Aplikasi yang dijalankan dalam bahasa Indonesia ini membutuhkan space 955 kb.

    Meskipun hanya 2 aplikasi yang dapat saya share dan baru dari 1 platform yaitu Blackberry (harap maklum baru itu punyanya.. hehehe), mudah-mudahan dapat mengoptimalkan smartphone kita dalam mengerjakan amalan yang lebih baik dari sebelumnya serta untuk seterusnya. Selamat Ramadhan dan maju terus bisnis konten Indonesia. Aamiin..

    Leave a Reply