• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Mudik dan Aktivitas Komunikasi Pemasaran

    Mudik menurut wikipedia adalah sebuah tradisi yang hanya ada di Indonesia, merupakan kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Idul Fitri. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

    Karena sudah sedemikian ‘mendarah daging’nya kegiatan mudik bagi masyarakat Indonesia, banyak entitas yang merasa wajib ikut serta menyemarakkan dan menganggap mudik sebagai sarana efektif untuk mengomunikasikan produknya. Baik produk yang bersifat komersial, sosial, atau bahkan politik sekalipun. Beberapa aktivitas komunikasi pemasaran yang kerap menyertai kegiatan mudik diantaranya adalah:

    • Bengkel siaga ATPM kendaraan bermotor. Misalnya ada yang memfasilitasi pos mudik dengan makanan & minuman gratis, pijat refleksi, souvenir,  pengecekan tensi darah, dan internet hot spot. Selain tentunya pemeriksaan dan jasa perbaikan kendaraan.
    • Promo penjualan (Down Payment rendah & cicilan ringan) kendaraan bermotor & jasa pengecekan kendaraan sebelum mudik
    • Mudik bareng yang diselenggarakan oleh perusahaan jamu, sepeda motor, semen, operator selular, makanan, rokok,teh, dan komunitas klub mobil.
    • Counter/booth di jalur mudik untuk produk food supplement, obat pencegah mabuk perjalanan, jamu pencegah masuk angin, dan minuman penambah tenaga.
    • Aplikasi info mudik dari operator seluler
    • Branding pada sarana penunjang kelancaran lalu lintas seperti pada pembatas jalur, cone, dan penunjuk arah.
    • Branding pada program liputan kegiatan mudik TV swasta. Misalnya dengan menjadi sponsor program tersebut sehingga dapat memajang x-banner produk sebagai background presenter, ATPM meminjamkan mobil kepada kru TV, dan menjadi co-sponsor dengan hanya menempelkan logo produk di rompi presenter.
    • Promo diskon penjualan produk ban
    • Branding pada peta mudik yang dibagikan secara gratis
    • Pos simpatik partai politik dan organisasi massa terkait dengan kepentingan pencitraan, dan
    • yang lebih unik seiring dengan maraknya aksi kejahatan dan semakin terjangkaunya harga teknologi pengamanan yaitu promosi produk CCTV untuk pengamanan properti selama mudik 🙂

    Tentunya masih banyak lagi aktivitas komunikasi pemasaran yang belum saya sebutkan di sini. Mari berbagi dan selamat mudik …

    Leave a Reply