• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Ini MEA…

    6.ASEAN Economic Community_Logo

    Pita peresmian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) alias AEC (ASEAN Economic Community) sudah digunting baru saja pada 1 Januari 2016 lalu. Mau dibawa sebagai kompetisi atau co-opetition terserah pemirsa. Hehehe…

    Belakangan saya cukup intens membuka Youtube untuk sekedar mendengarkan klip musik sambil bekerja, meski sebelumnya lebih sering mendengarkan radio secara streaming. Bosan mendengar siaran radio karena play list-nya yang mudah ditebak, saya pindah ke Youtube yang play list-nya seringkali membuat kaget. Salah satu contohnya adalah ketika tiba-tiba terdengar permainan gitar dengan suara vocal perempuan membawakan lagu ‘Tercipta Untukku’nya band Ungu. Karena cengkok nyanyi yang terdengar unik, saya penasaran untuk pindah membuka Youtube dari aplikasi Word yang saat itu sedang dibuka. Ternyata pemain gitar yang menyanyikan lagu Ungu tersebut adalah seorang gadis Thailand bernama Keesamus. Penasaran saya cek channel-nya dan wow… sekitar 30 lagu pop Indonesia sudah dia cover. Waktu posting klip terlama yang terlihat adalah sejak tahun 2013. Yang lebih menarik lagi adalah komentar di setiap klipnya yang didominasi nama-nama orang Indonesia. Salah satu contoh misalnya cover lagu ’Hidup Untukmu Mati Tanpamu’nya Noah yang mendapat 1058 komentar (tercatat pada 13 Januari 2016).

    keesamus

    Jika dihubungkan dengan pendapatan yang bisa diperoleh Youtuber dari iklan yang muncul di sela-sela klip mereka dan keuntungan yang lebih besar lagi jika channelnya di-endorse secara khusus oleh sponsor, apa yang dilakukan oleh Keesamus ini terlihat sangat SADAR MEA. Buat apa dia susah-susah mempelajari lagu Indonesia yang melafalkannya saja butuh upaya khusus bagi lidah orang Thailand. Keesamus tahu betul bahwa dari sepuluh negara yang tergabung dalam ASEAN, Indonesia dengan populasi terbesar adalah pasar terbesar. Bahkan untuk ’sekedar’ memposting video melalui Youtube sejak MEA belum diberlakukan.

    Welcome to the ASEAN Economic Community…

    Leave a Reply