• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Finally…1st CTiB Competition 2014

    b2a35ddefd98d23b1ab07cc9074a987 rsz

    Setelah beberapa tahun sebelumnya tugas akhir mata kuliah Creative Thinking in Business (CTiB) di Program Studi Manajemen Bisnis Telkomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi & Bisnis, Telkom University berujung dengan pameran, akhirnya pada penyelenggaraan semester ganjil tahun akademik 2014-2015 ini dapat berbentuk kompetisi. Setelah berpikir sepertinya akan menjadi lebih seru dan membiasakan iklim kompetisi bagi mahasiswa, saya sebagai koordinator mata kuliah mengajukan ide kompetisi kepada tim dosen. Akhirnya disepakatilah 1st CTiB Competition 2014. Yeaayy…

    Kompetisi ini bertujuan untuk mencari ide solusi kreatif bernilai bisnis bagi permasalahan hidup sehari-hari dengan pendekatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Peserta kompetisi ini adalah semua mahasiswa peserta mata kuliah CTiB dalam bentuk tim. Ide yang diajukan oleh setiap tim dapat berbentuk barang, jasa/layanan, atau perangkat lunak/aplikasi. Setiap tim terbaik perwakilan dari 11 kelas diajukan sebagai finalis sampai akhirnya terpilih 3 tim terbaik yang wajib mempresentasikan idenya pada puncak acara 1st CTiB Competition 2014.

    IMG_7475_resizeIMG_7486_resizeIMG_7493_resizeIMG_7504_resizeIMG_7497_resizeIMG_7508_resize

    Puncak acara 1st CTiB Competition diadakan pada Jumat, 5 Desember 2014 lalu di Aula FIK yang bersamaan dengan penyelenggaraan Kuliah Umum dari Bapak Andi Kristianto, MBA, Vice President Corporate Planning Telkomsel. Beliau membawakan kuliah umum dengan tema “The Dynamics of Digital Creative Industries in Indonesia” yang menyoroti perkembangan industri kreatif digital Indonesia serta peluang-peluangnya yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa. Kuliah umum ini membuka pemahaman mahasiswa agar ide kreatif yang tercetus dapat dikembangkan lebih lanjut dan akhirnya menjadi bisnis yang menguntungkan. Beliau menunjukkan beberapa tren terutama konsep economy of sharing yang mampu mengalahkan bisnis-bisnis konvensional dalam waktu yang singkat.

    IMG_7594_resize IMG_7584_resize IMG_7569_resize IMG_7558_resize

    Puncak acara 1st CTiB Competition 2014 ini pelaksanaannya dikomandoi oleh dosen CTiB, Bapak Fajar S.A Prabowo, SE., MAB serta diorganisir dengan baik oleh para mahasiswa CTiB sendiri. Acara dibuka oleh band Happy Jack yang berhasil menghangatkan suasana yang kala itu hujan deras. Acara dilanjutkan oleh sambutan dari Direktur Career Development Center – Telkom University (sebagai sponsor acara), Bapak Wawan Anwar Ahmad dan Sekretaris Program Studi MBTI (mewakili Kaprodi) Ibu Erni Martini, S.Sos, MM. MC yang berhasil menyemangati audiens pun berasal dari dosen CTiB yang lain, yaitu ibu Agnalia Kurniadewi.

    IMG_7522_resizeIMG_7533_resizeIMG_7541_resizeIMG_7627_resize

    Dari 3 kelompok yang presentasi di depan sekitar 300-an mahasiswa dan setelah mendapat penilaian akhir dari juri kehormatan, Bapak Andi Kristianto, MBA, akhirnya terpilih Bandung Jalan-Jalan sebagai juara 1 yang mendapatkan hadiah senilai Rp. 750.000, Improved Security System sebagai juara 2 yang mendapatkan hadiah senilai Rp. 500.000, dan Trash Me sebagai juara 3 yang mendapatkan hadiah senilai Rp.250.000. Bandung Jalan-Jalan adalah ide permainan sejenis monopoli yang mengeksplorasi obyek wisata di sekitar Bandung, Improved Security System adalah ide tentang sistem pengamanan terintegrasi bagi kendaraan bermotor, dan Trash Me adalah ide pembuatan kotak sampah pintar. Hal membahagiakan lainnya dari 1st CTiB Competition 2014 ini adalah adanya hadiah bagi pemenang. Alhamdulillah.. Namun hadiah ini tidak langsung diberikan kepada para pemenang, karena harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh panitia. Harus ngajak panitia makan-makan?? Tentu bukan. Hehehe… Pemenang baru diberikan hadiahnya jika sudah membuat idenya dalam bentuk proposal untuk diikutsertakan dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa 2015. Persyaratan ini diajukan sebagai bentuk tindak lanjut dari penyelenggaraan 1st CTiB Competition 2014. Sampai bertemu di 2nd CTiB Competition 2015 dan tahun-tahun berikutnya dalam format yang lebih baik. Salam Kreatif….

    Leave a Reply