• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Bisnis 5 minggu, penjualan 135 juta!! (Refleksi Kewirausahaan 2012 di Prodi MBTI IM Telkom)

    Terus terang, tulisan kali ini memang latah mengikuti tema banyak tulisan lain yang biasanya muncul di akhir tahun. Berhubung data yang dimiliki hanya seputar kewirausahaan di program studi MBTI dan IM Telkom (itupun seadanya), ijinkan kelatahan saya ini turut mewarnai tahun 2012 yang akan segera berakhir.

    Mata kuliah Kewirausahaan yang perkuliahannya baru saja berakhir di semester ini diikuti oleh 348 mahasiswa. Sejumlah mahasiswa tersebut terbagi dalam 10 kelas yang ada. Mata kuliah berbobot 4 SKS yang berlangsung setiap semester tujuh ini, sejak tahun akademik kali ini mulai mengadakan proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa secara berkelompok. Berbeda dengan mata kuliah Entrepreneurship 2 kurikulum lama yang menyelenggarakan proyek selama 10 minggu dari 14 minggu pertemuan yang ada, proyek kali ini berlangsung lebih singkat yaitu hanya 5 minggu setelah Ujian Tengah Semester. Tema yang diambil pada tugas proyek ini adalah E-Store Project. Setiap kelompok harus memanfaatkan media online dalam menjalankan bisnisnya. Meski sebentar, dari 1 kelas saja mampu mencetak penjualan sebesar 18.2 juta rupiah. Jika diasumsikan kondisi setiap kelas sama, dari 10 kelas yang ada dapat mencetak angka penjualan sekitar 135 juta rupiah.

    shirtcutAngka penjualan tersebut terhitung mengesankan, mengingat pelaksanaan proyeknya hanya berlangsung lima minggu dan pesertanya pun harus sambil melaksanakan perkuliahan mata kuliah lain paling sedikit 12 SKS. Bahkan sebagian besar ada juga yang sambil menyusun proposal skripsi. Meskipun ada pula yang mengerjakan proyek secara seadanya (melihat dari penulisan laporan proyek yang dikumpulkan), margin profit yang didapat ternyata paling sedikit mencapai 20 persenan.

    badrun junior13th shoesSelain mata kuliah Kewirausahaan, ada pula mata kuliah Small Business Management di semester ganjil TA 2012-2013 ini yang menyelenggarakan tugas bersifat proyek. Di mata kuliah ini, proyek usaha yang dijalankan harus bertema eco-business. Di tahun 2012 ini pula dilucurkan program bantuan modal usaha Mahasiswa mOdal VEntura (MOVE) oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Program bervisi mencetak 1000 mahasiswa pengusaha ini telah menyalurkan modal usaha bagi mahasiswa IM Telkom sebesar 153 juta rupiah. Dari 2 tahap yang digulirkan, dana tersebut dapat membantu 10 unit usaha yang dijalankan oleh 18 orang mahasiswa IM Telkom yang 8 diantaranya berasal dari prodi MBTI.

    Bersama upaya dari beragam entitas lain, semoga upaya seperti hal-hal tersebut di atas dapat memudahkan pencapaian rasio dua persen pengusaha atau bahkan lebih seperti yang dikatakan oleh David McLelland jika Indonesia ingin termasuk ke dalam kategori negara makmur. Aamiin..

    Leave a Reply